agen bola
Info Arus Mudik 2014

Cara Menghemat Biaya Mudik Lebaran

Cara Mudik Hemat Biaya 2014Infoarusmudik.com – Mudik bukan untuk menghamburkan uang dengan tidak terkontrol, untuk itu pemudik mesti tahu bagaimana cara agar dapat menghemat biaya mudik, dan untuk itu ada baiknya menyimak paparan berikut ini!

Menetapkan anggaran mudik tak ubahnya seperti menetapkan anggaran berlibur. Hal yang  perlu dipertimbangkan agar mudik tetap nyaman, anggaran mudik sebaiknya ditetapkan sebelum mudik dilakukan.

“Anggaran yang perlu dipikirkan adalah beberapa alokasi dana untuk transportasi, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain,” ungkap Mike Rini Sutikno, penasihat keuangan dari Mike Rini and Associate Financial Planning and Education.

Berikut beberapa pos anggaran saat mudik yang perlu dicermati sebelum mudik lebaran dan beberapa saran Mike.

Transportasi

Bagaimana mengawali penghitungan biaya mudik. “Prinsipnya, besar kecil biaya mudik itu tergantung berapa hari akan mudik di kampung, berapa banyak jumlah orang yang menjadi tanggungan, dan akan kemana saja selama mudik di kampung,” ungkap Mike.

Dari sini terlihat, anggaran lebaran bisa dimulai dengan menentukan jenis transportasi dan tujuan mudik. Jangan pilih transportasi hanya berdasarkan faktor ekonomis, kalau tidak nyaman sebaiknya jangan dipilih. “Merencanakan keuangan mudik juga sebaiknya tetap realistis, pilih transportasi yang nyaman dan aman,” saran Mike.

Lalu pertimbangkan opsi jika ada saudara yang bisa diajak mudik bersama dan patungan biaya transportasi. Anda bisa menyewa mobil bersama bahkan patungan makan di jalan dan bahan bakar.  Kendati tetap dengan perhitungan yang rasional, jangan memuat terlalu banyak orang dalam kendaraan karena hanya memikirkan kesempatan dan keuangan. Untuk mobil jenis SUV bisa menjadi transportasi 5 hingga 7 orang sedangkan sedan tentunya hanya cukup 4 orang saja.

Akomodasi

Hal lain yang perlu diperhitungkan, apakah selama mudik akan menginap di rumah orang tua atau terpaksa menginap di penginapan karena kapasitas rumah yang terlalu penuh.

Memang, ketika menginap di rumah orang tua Anda tak perlu mengeluarkan biaya lagi. Kendati demikian, pastikan untuk memberikan tempat istirahat yang nyaman bagi anak-anak. “Jangan sampai, sepulang mudik justru anak-anak dan suami jatuh sakit. Itu akan menambah pengeluaran lagi, bukan?” ujar Mike memperingatkan.

Konsumsi

Anggaran konsumsi mudik yang perlu diperhitungkan adalah soal makan dimana, dengan lauk apa, dan berapa lama menginap selama di tempat tujuan. Kendati di rumah orang tua, soal makan harus tetap dianggarkan sejumlah biaya belanja, lho!

Biasanya, Anda bisa membuat kesepakatan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik, dengan pemilik rumah atau orang tua. Bisa juga Anda membagi beban anggaran dengan kakak atau adik yang kebetulan juga menginap di tempat orang tua. Diskusikan saja dengan saudara Anda, bagaimana membagi anggaran belanja ini.

Angpao

Sebagaimana berlebaran di rumah, saat mudik Lebaran Anda mesti menyiapkan uang angpao juga. Sayangnya, mudik juga sama artinya dengan menyiapkan angpao lebih banyak karena bertemu dengan banyak saudara yang lain.

Tenang saja, ini masih bisa disiasati dengan patungan bersama kakak atau adik yang juga mudik. Diskusikan sebelum berangkat mudik, misal, Anda menanggung angpao untuk paman dan bibi A – C, lalu paman dan bibi D-F ditanggung oleh saudara yang lain.

Jika sekiranya uang angpao tidak terlalu banyak, sebaiknya angpao dirupakan barang yang lebih layak diterima.

Komentar

comments