agen bola
Info Arus Mudik 2014

Arus Kendaraan Tol Cikampek Pada Mudik 2014 Akan Lebih Padat

Jalur Mudik 2014 Tol Cikampek KarawangInfoarusmudik.com – Arus dan volume kendaraan di jalan tol Cikampek pada arus mudik 2014 diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Khususnya pada H-4 lebaran tahun ini. Dalam rapat koordinasi lintas kementerian, PT Jasa Marga melaporkan akan ada lonjakan arus kendaraan sebesar 2,5 kali dari volume harian pada puncak arus mudik yakni H-4.

Beban arus terbesar seperti tahun-tahun sebelumnya masih dialami ruas tol Jakarta-Cikampek. “Di dalam kondisi normal saja kita sudah sering terkena kemacetan, apalagi kalau lalu lintasnya jadi 2,5 kali,” kata Menko Perekonomian Chairul Tanjung selepas mendapat laporan dari Jasa Marga di Jakarta, Selasa (24/6).

BUMN pengelola jalan tol itu diharapkan Menko segera menghubungi Kepolisian serta Kabupaten/Kota di sekitar exit Cikampek. Ini untuk mencari titik-titik potensial menjadi lokasi pasar tumpah.

Pasar dadakan kerap memangkas lajur jalan dari awalnya tiga ruas, menjadi tinggal satu ruas saja. Alhasil, kemacetan selalu terjadi setiap puncak arus mudik.

“Hal yang paling kita antisipasi pasar tumpah. Kita minta para bupati walikota, kapolres, yang ada di daerahnya agar betul-betul memperhatikan pasar tumpah. Kalau ada kecenderungan pasar tumpah, kabupaten mana, minta bupati untuk lakukan antisipasi” kata pria akrab disapa CT ini.

Ditemui terpisah, Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman menilai pihaknya sanggup menghadapi lonjakan arus 2,5 kali lipat. Tenaga operasional gardu tol akan ditambah, serta diperbanyak gardu otomatis.

“Kalau dari kita sudah siap sekali dan bisa menangani. Justru yang tidak mampu di ujung Cikampeknya,” ungkapnya.

Adanya arus mudik serta arus balik pada momen Lebaran juga tidak otomatis menggenjot penerimaan Jasa Marga. Lonjakan pengguna tol hanya terjadi di puncak masing-masing arus.

“Kalau H-7 dan H+7, pendapatan kita justru turun,” kata Adityawarman.

Komentar

comments